Monday, June 13, 2011

Pos Indonesia.. dan paket-paket ku,,,

Sejak menyelenggarakan arisan bed cover, mau ga mau kk beralih dari menggunakan JNE ke PI ini, maklum ongkir kk yang nanggung, jadi selisih 5000 pun sangat berarti hehe...

Mulanya tanya sama web, lalu pede ke PI deket rumah, naik ojek cuma bayar 5rebu

Barangku yang gede itu cuma di timbang sama si ibu, 6 kg katanya, lalu aku bayar dengan hati senang (karena kk memang menganggarkan 10kg sesuai hitung volume), lebih senang lagi tidak berapa lama aenia mengabarkan kalau paket sudah sampai, tapi.. di suruh ambil sendiri katanya, untung aenia ga marah :)

Berikutnya kirim ke sumatera dan rumah mak ida di pesisir pantai jawa timur. kali ini yang melayani bapak-bapak, waks.. barangku di ukur sama dia.. 10kg ! katanya.. dan untuk mak ida yang aku anggarkan maksimal ongkir 50 aku mesti bayar 70rebu, hiks....

Kali berikutnya bedcover sengaja aku vacuum.. yah namanya vacum manual, jadilah caranya tuh bcv aku tekan sekuat2nya lalu pinggirannya aku selotip, lumayan mengecil sih menurut aku, setidaknya lebih tipis hampir 50% di banding aslinya. Untuk meyakinkan kk ukur sendiri, tinggi x lebar x panjang : 6000 , yups.. cuma 6,2 klo di bulatkan paling 7kg, lumayan lah.. 3 kg juga berharga hehe :)

Yang melayani bapak yang sama.. dia juga ukur, 10 kg ! katanya.. "lho.. tapi ini kan bungkusannya lebih kecil dari yang kemarin pak" protesku, ga rela hasil berkeringat memvacum barang sia-sia.

"mau di kirim engga !" bentak si bapak membuatku keder, dengan terpaksa aku ngalah, cuma dalam hati berjanji ga mau kirim2 lewat situ lagi.

Kali berikutnya tetap harus ngirim lah, karena arisan juga masih berjalan.. cuma kali ini kk milih kantor pos besar fatmawati. Di sana .. terpisah dari gedung pos besarnya, ada divisi khusus pengiriman paket. Lumayan jauh klo dari rumah kk, sekitar 1 jam perjalanan naik motor, maklum di tambah macet. Tukang ojek langganan pun ga mau di bayar kurang dari 20rebu, cuma ga masalah karena...

Petugas pos di sini ramah sekali.. bahkan bisa membantu.. ketika tukang ojek pulang di bekali kartu namanya dengan pesan, klo kapan2 mau kirim lagi supaya sms dia dulu supaya nanti dia yang bantu :)

Semua kiriman Alhamdulillah sampai sekarang sampai selamat sampai tujuan, kecuali 1. untuk mbak rasnah di tanjung selor.. kirim dari tanggal 28 mei tapi status di web masih "puri kirim"

Sabtu kemarin kk bela2in dateng ke kantor pos besar itu untuk menemui cs nya. Menurut petugasnya, ibu cs bisa membantu melacak keberadaan paketku.

Ternyata cs nya malah ngebuka web yang sama dengan web yg aku buka dari rumah, trus inetnya lambreta banget.. udah antri lama pula kan.. akhirnya aku bilang "bu.. kalau cuma lihat laporan di web mah, saya dari rumah juga udah buka.. cuma ada tulisan "puri kirim"... nah saya ke sini tuh mau tanya itu artinya apa"

"Lho.. beda dong sama yang kamu.. ini bukanya di sini, jadi laporannya lebih lengkap.. kamu mau tau paket kamu di mana kan ?" katanya...

"oh iya bu".. wajahku langsung sumringah, gpp deh nungguin loading lama, yang penting ada kejelasan kan.

akhirnya, web yang di nantikan pun terbuka, dan jreng jreng.. yups.. tulisannya terpampang jelas "puri kirim"

weeks.. sama aja :((

"artinya apa bu?" tuntut ku.

"ini kode" katanya dengan gaya profesional "artinya .. paket dalam status siap antar di kantor pos besar, klo di jakarta artinya di kantor pos pusat, jakarta pusat"

aku cuma bisa mangap.. 2 minggu ! dan status nya cuma "siap antar" ?? emang mau di siapin berapa lama sih ? la wong paket udah cantik begitu.

"Jadi sekarang masih di kantor pos sana bu ?" tanyaku meyakinkan.

"Ya belum pasti juga sih" sahut si ibu "bisa jadi sekarang udah di terima orangnya cuma belum di update di sini"

yeeeee. klo kayak begitu doang mah buat apa aku bela2in antri di cs :(

yah.. jadi sekarang cuma bisa berdoa aja semoga barang sampai.. ga ada gunanya juga buat komplen karena... di meja sebelah ada bapak2 yg lagi komplen dokumennya yg di kirim pakai kilat khusus, dari tanggal 13 belum nyampe juga (isinya stnk) padahal ngirimnya dari banyumas lho, deket kan ?

dan tambah "pilu" denger jawaban mas cs yg ngelayanin si bapak. "Ya memang begitu pak.. ini aja ada yang komplen dari awal april belum nyampe juga barangnya"

haaaahhh ? maksudnya ?? ada yg komplen koq malah bangga, bukannya ngasih solusi atau apa gitu yaks..

untung pt pos bukan online seller, bisa kebayang langsung masuk black list klo kayak gini hehe :)

27 comments:

  1. hihihhii nyebelin emang yaaaa..ada harga ada rupa kak. kalo kirim lewat pos aku ya pilih2..pokoknya barang yang sekiranya terserah deh kapan nyampenya..baru pake pos (murah). tapi kalo yang kudu cepet. wiih bisa makan atii..padahal pake pos express tetep aja nyebelin

    ReplyDelete
  2. Kaaak..tanjung selor kan jauh..emang kirim apaan?
    *jgn bilang kirim bcv..aku bs ngiriii..

    ReplyDelete
  3. Hehehe. Yh bikin aku malas jualan.lagi salah satunya ya soal paket itu. Suka tekor ongkir gara2 pelayanan nggak standar pdhal laba nggak seberapa.

    ReplyDelete
  4. errr sejauh ini aku masih puas sama Pos asli produk kita gitu looooh... wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. Pake PT POS gitu ya...katanya juga gak boleh bungkus pake kertas kado ya...kudu pake kertas polos...

    ReplyDelete
  6. hihi...kak...aku udah kapok dari dulu pake PI...dulu aku pernah krm dari Kantor Pos Besar yang ada di lapangan banteng tujuan ke Kramat Jati (sesama Jakarta). pake jasa yang dijamin maksimal 2 hari nyampe. Biayanya Rp70rb. Ternyata 10 hari baru nyampe..itupun aku n buyer udah bela2in bolakbalik telp n nongkrongin CS-nya PI baik yg di lapangan banteng ataupun yg kramat jati... ketika kutanya apa alasannya kok segitu lamanya jawabnya karena kurir yg daerah kramat lagi sakit ..weks.....emang g ada kurir/petugas lain yg bisa bantu??? EKSPRESS gitu looohhh

    ReplyDelete
  7. waks.. tapi bcv mu nanti mesti kirim by pos say, anggarannya ga kena klo pake yg lain, maaf ya :)

    ReplyDelete
  8. haha.. kk kirim ke pemantang siantar ga sampe seminggu sampai lho mak nanda,,, iyaa.. semuanya bcv... klo yg di bawah 3 kg mah kk pake jne pastinya :)
    klo cuma banjarmasin mah..lewaat hehe :)

    ReplyDelete
  9. haha ya jangan patah arang dong mbak :) kan ongkir di tanggung pembeli :) ayo semangat ! hehe :)

    ReplyDelete
  10. amin.. moga2 lancar terus paket2 kita ya say :)

    ReplyDelete
  11. hmm gitu ya..
    smenetara skrg ud mulai banyak dibuka gerai2 pos indonesia ya ... kalau belum bisa profesional susah jugaa...
    tp dulu aku kirim undnagan kawinan ke luar jakarta pake Pos Indonesia ... kayanya sih smuanya sampe, gak ngecek juga seh hihihi.... kalau paket dagangan, malah sempet ngirim pake PI itu ke luar negeri .. hahaha.. dan nyampe... *sambil harap2 cemas* ...

    ReplyDelete
  12. Aku sering kirim paket pake pos, tp biasanya paket yg besar2 semacam karpet dan itu pun ke remote areas, kalo msh di pulau jawa, sumatera aku prefer pake jne/tiki. Tp untungnya sih selalu sampe meski ada yg lamaaaa baru nyampe untung customernya baik2 hehehe

    ReplyDelete
  13. betul ! dan sebenarnya mereka lebih senang klo kita kirim berbungkus plastik hitam aja.. alasannya klo di bungkus kertas takut robek, maklum pengiriman jauh kan biasanya...

    cuma klo kita bungkus plastik hitam aja kan ga enak ya sama buyer, ga cantik gitu kan jadinya :)

    ReplyDelete
  14. lho ? klo sesama jakarta perlu cepat mah mending kirim pake jasa ojek atau taxy aja say :)

    wah klo sampe nongkrongin cs mah udah serasa sohib dong xixixi :)

    ReplyDelete
  15. ternyata banyak yang gak muasin ya
    ayo kita "para korban" bikin usaha pos sendiri yuuuukkk hehe

    ReplyDelete
  16. pos luar negerinya mungkin lebih profesional ya mak di banding yg dalam negeri :) lain budaya soalnya hehe :)
    undangan nikah sama seperti kartu ucapan kali ya mbak, malah cepet nyampenya hehe :)

    ReplyDelete
  17. wah mbak na, tadinya ti kira buat ngirim karpet mba na pake eksepdisi pribadi alias punya mobil angkutan sendiri :)
    hihi kayak bean bag tuty gitu, minta janjian di care4 xixixi :)

    ReplyDelete
  18. haha klo usaha pos kita mah jangan2 tarifnya lebih mahal dari jne ya haha :)

    ReplyDelete
  19. Haduh..miris baca critanya pos indonesia...aku juga tiap bulan rutin ambil barang ke ktr pos,kenapa yaa pemerintah nggak bisa menjadikan pos indonesia tempat yg nyaman..kayak diluar sana..org yg kerja di ktr pos bersemangat...nggak kayak disini..apa gajinya kurang kali ya..hmm..mudah2an pos indonesia semakin maju,nggak ketinggalan sama swasta yg tambah oke servis dan pelayanannya..

    ReplyDelete
  20. bener tuh. suami uda bolak balik kirim ke LN pake PI, aman2 aja kok.. :)
    cuma kalo yg dlm negeri blm bisa lah bersaing sama yg lain. mungkin kalo daerahnya terpencil, baru melirik ke PI.
    aq ke PI palingan kalo pas mau bayar2an listrik, air, telpon, wakakakkkk..
    semoga segera sampai ya paketnya...

    ReplyDelete
  21. heehe gak papa krim bcv ku pake pok kk. kan ga keburu2. kalo.ngirim dokumen itublho yg bahya. makan atiiii. hwhe

    btw sprei chinaku yg pink itu ud dikirim belom kk?

    ReplyDelete
  22. Waaahhh jd g enak hati nieyyyy,,, °•˚◦♏ǻ‎​ǻ‎​þ ☺ ♏ǻ‎​ǻ‎​þ˚◦°•‎​ kakak cantik,,, bpk2 pos nya minta d getok tuuuhhhh,,, sm pulau jawa taripnya kok irian jaya,,, *sigh

    ReplyDelete
  23. haha gpp say, nyantai aja, kan buat belajar juga :) buat paketmu berikutnya kk kirim dari kantor satunya lagi koq, Insya Allah lebih murah :)
    thx ya :)

    ReplyDelete
  24. mau ikutan share,..takut kepanjangan ..hehe..

    aku bukmak dulu deh..
    jadi pengen diskusi lagi ama suamiku tentang si "PI yang aneh" :-D
    maklum..lagi bikin GS nih..

    Makasi ya Kak..mau ngetik panjang2 pengalaman "melelahkan but so usefull" ini :-)

    ReplyDelete
  25. di link ke sini klo nanti udah bikin tulisan tentang mr PI ini ya say :)
    biar bisa share ke yg lain :) makasih :)

    ReplyDelete