Wednesday, September 30, 2015

its sacrifice

Dulu.. ketika sedang musim isi kuis online buat lucu lucuan, kk pernah membaca reply seorang teman ketika dia di minta menuliskan arti cinta menurut dia dalam 1 kata saja, dan jawabannya = SACRIFICE

Saat itu kk terpikir, cieee yang sebentar sebentar kepikiraan.. eh itu mah iklan ya.. maksudnya.. sampe segitunya ya cinta bagi dia, masa sih cinta artinya mesti berkorban

Tapi kalau di terjemahin ke ibadah penyembelihan hewan qurban agak agak mirip juga sih ya. Domba dan hewan lainnya itu kan pada mulanya untuk menggantikan nabi Ismail, bapaknya : nabi Ibrahim harus membuktikan cintanya kepada Allah dengan mengorbankan anak yang paling dicintainya

Sekarang ini, apakah cinta kita yang kita korbankan dalam bentuk hewan setiap hari raya Idul Adha ?

Bisa ya,. bisa tidak

Mengorbankan uang jatah beli gadget baru, mengurangi jatah jajan, menabung sedikit demi sedikit untuk berkorban. Hal yang kita cintai kita sisihkan sebentar, demi se ekor hewan sembelihan.

Namun ada juga yang memiliki kelebihan harta sedemikian rupa sehingga sebenarnya berkurban 1-2 ekor merupakan hal yang mudah baginya, kalau hal ini yang terjadi maka jatuhnya adalah ke niat.

Nah.. meluruskan niat ketika berkurban ini yang sangat sulit sebenarnya. Bagaimana sebisa mungkin agar tidak ada rasa riya yang akan mengurangi nilai ibadah kita. Karena ibadah qurban adalah ibadah yang di gembar gemborkan.

Ketika sholat ied belum mulai, panitia qurban akan membacakan nama nama pengqurban tahun itu, dan bisakah kita menjaga agar hidung tidak mekar dan senyum tidak terkembang ketika tetangga berkata "wah qurban lagi ya tahun ini, keren..."

Ada pilihan lainnya, qurban online namanya... bertebaran spanduk mengajak qurban dengan nomor rekening, apakah hal ini bisa menjaga kita dari riya ? belum tentu juga sih, kan bisa jadi kalau kita cerita ke orang lain kalau kita ikut qurban di sana maka akan riya juga.. tapi ya tinggal diem aja ga bilang bilang artinya tidak riya ? wah cuma Allah lah yang Maha Tahu apa yang ada di dalam hati umatnya.

Apapun jenis qurban yang kita pilih, di mana pun, semoga Allah menjaga kemurnian niat kita dan meng istiqomahkan rejeki kita agar tiap tahun selama masih ada napas kita di beri keleluasaan untuk berqurban.

Aamiin ya Rab

-------------------

ketikan menjelang dateline lomba idul adha kampung kata :)

1 comment: