Friday, October 28, 2011

(rumah kenangan) Yang tak akan terlupakan

"Si Teguh kemarin sore mau dipukulin sama anak gang bidan, untung saja ada mas-mas tukang cukur rambut langganan dia yang melihat, jadi bisa ditolong, lalu teguh diantar pulang ke rumah" kata kakakku melalui telepon pagi itu menceritakan mengenai anaknya.

"Lho ? memang salahnya apa ? Teguhnya mau kemana ? koq lewat gang bidan ?" sahutku kaget, biar bagaimana Teguh adalah keponakanku yang ku tahu tidak nakal sama sekali, malah cenderung kalem sejak perceraian orangtuanya.

"Biasa deh anak zaman sekarang, mendadak aja dia dikepung begitu, sepertinya sih salah sasaran" keluh kakakku, "Teguh sekarang kan kalau berangkat sekolah selalu lewat gang bidan, sejak pindah rumah dia tidak mau lagi lewat pinang dua karena akan melewati rumah kita yang lama, sepertinya dia sedih tiap kali melewati bekas rumah kita"

Kata kata kakakku itu masih teringat sampai sekarang, Teguh, keponakanku yang berusia 14 tahun rupanya memiliki hati yang sangat halus, rumah tempat tinggalnya selama ini, rumah yang juga ku tempati selama lebih dari 32 tahun, telah berubah kepemilikan, dan berubah fungsi juga.

Rumah tempat tangis dan tawa keluarga kami, kini menjadi kontrakan dan tempat kost, karena yang membelinya pun tidak mau menempati, hanya menjadikannya sebagai tempat mengembangkan uangnya.

Mulanya rumah kami yang rusak karena tua memerlukan perbaikan, di saat yang sama kami anak anaknya baru saja memulai kehidupan baru, pindah rumah, baru menikah, baru masuk kerja dan seribu satu alasan yang tidak memungkinkan untuk bantu urunan dalam biaya perbaikan rumah.

Aku mengusulkan untuk menjual separuh saja rumah tersebut, nanti uangnya bisa digunakan untuk memperbaiki rumah tersebut. Pembeli pun dicari, namun entah bagaimana ceritanya mendadak yang terjadi adalah penjualan 100% rumah tersebut dan orangtuaku memutuskan pindah ke luar kota.

Bapak, yang pada saat pertama pindah ke lingkungan tersebut dianggap "pendatang" dan ketika keluar dianggap "sesepuh".

Bapak yang setiap sore mengajar anak anak kecil mengaji di loteng rumah tersebut.

Bapak yang setiap tetes keringatnya digunakan untuk membangun sepetak demi sepetak rumah kami, tentulah yang paling sedih akan keputusan tersebut.

Namun bapak juga yang begitu ngotot untuk menjual keseluruhan rumah tersebut, tidak menyisakan secuilpun untuk sekedar menjadi tempat kenangan, tentang hari hari yang pernah kami lalui.

Kini kedua orang tuaku merajut hari tuanya di rumah baru mereka, sekitar 1 jam dari rumah yang lama. Di sini kami juga mencoba merenda kenangan yang baru, walau kami tahu, sampai kapanpun kenangan akan rumah lama kami akan tetap abadi dalam benak, setiap sudut, setiap debu, akan terpatri selamanya.

 

 

Jika rumah lama pada gambar pertama terletak di pemukiman yang begitu ramai dan rapat, rumah yang sekarang di gambar bawah jusru hanya memiliki 1 tetangga saja, persis di depan rumah.

Rumah lama hanya jalan kaki ke mal pondok indah, angkutan umum 24 jam dan kepadatannya membuat selalu deg degan setiap membaca berita mengenai kebakaran di pemukiman kumuh, sementara rumah yang baru justru pada pukul 4 sore sudah tidak ada lagi kendaraan melewati jalan rayanya, sehingga harus naik ojek.

Tapi ada hal yang sama, di sanalah kedua orang tuaku bermukim, dan semoga di rumah baru ini, akupun diberi kesempatan untuk berbakti dan membahagiakan mereka hingga akhir hayat. amin :)

======Di tulis untuk mengikuti lomba rumah kenangan, bila ada kata kata yang kaku, mohon maklum, baru kali ini mencoba nge blog dengan EYD hehe===========

#foto kedua rumah adalah koleksi pribadi, di ambil di hari yang sama, pada hari pindahan kami :)

 

 

42 comments:

  1. Semoga rumah baru nya mendapat keberkahan dan penghuninya selalu mendapat keyamanan jiwa dan raga :)

    http://yellowforyou.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. prok..prok...sedih y mba kl ninggalin tempat kenangan....aq jg pernah tiap kali liat rumah lama sk kebayang kebiasaan2 anggota kluarga di rumah lama....:)...semoga menemukan ketenangan dan dapat membuat kenangan yg lebih indah di rumah yg baru...:D

    ReplyDelete
  3. rumah dimana kita dibesarkan adalah rumah cinta, sampai kapanpun akan tetap terkenang. Semoga di rumah yang baru meski sepi namun tetap menemukan kenyamanan dan kedamaian sebagaimana rumah lama :)

    ReplyDelete
  4. iya ya, lewat rumah lama akan membangkitkan kenangan, kalau rumahnya digunakan dg baik, kita ikut senang.

    ReplyDelete
  5. Suka ya sama warna hijau? rumah lama dan baru didominasi dengan warna hijau.
    Yah...semoga di rumah yg baru menemukan ketenangan di hati tua mrk...

    ReplyDelete
  6. 'baru kali ini mencoba nge blog dengan EYD'

    wkwkwkwk.... Idem kak....
    Makanya blm setoran

    ReplyDelete
  7. aq lbh seneng liad rmh k2 kak...lbh asri n ga dempet"an....+ ga takut klo ada kebaran ato musibah lain nyamber k rmh

    ReplyDelete
  8. makasih ya kaklist sudah partisipasi... kalau mau diedit masih ada waktu ya

    ReplyDelete
  9. amiin.. terima kasih atas doanya..salam kenal... segera meluncur ke blog nya :)

    ReplyDelete
  10. hahaha.. di hari H pindahan tuh, aku foto2 seluruh ruangan... termasuk foto dari dalam rumah ke luar, biar aku bisa mengingat pemandangan yang biasa aku lihat sehari2 dari dalam rumah.. lebay banget yaks :D

    ReplyDelete
  11. amiiin.. makasih... iyah yang nempatin rumah baru adalah kedua orang tuaku, semoga beliau mendapat kesehatan dan kedamaian sebagaimana doamu, makasih ya cinta :)

    ReplyDelete
  12. hahaha rumah lama ku sekarang udah totally berubah.. jadi kontrakan yang nyaris ga bisa di kenali... hiks :D

    ReplyDelete
  13. wah baru merhatiin setelah baca komen ini tuh haha.. klo rumah baru kebetulan pas beli emang udah di cat hijau, eh tapi rumahku sekarang juga koq warnanya hijau ya ? hahaha...

    ReplyDelete
  14. hahaha kayaknya klo di koreksi juga pasti banyak salahnya tuh di atas... yah yg penting setor lah :)

    ReplyDelete
  15. iyah... di depan rumah juga ada kolam ikannya tuh, dan samping rumah bapakku berkebun, haha.. semoga udara bersih menyehatkan mereka ya :)

    ReplyDelete
  16. iya.. memang akan di edit tanda baca nya :) thx :)

    ReplyDelete
  17. lho ? hihihi.. yuuuk nangis bareeeng :)

    ReplyDelete
  18. Hihihi...salah ketik kak, bukan 'hati tua', tapi maksudnya 'hari tua'.

    ReplyDelete
  19. halus sekali perasaannya teguh.. semoga perasaannya kelak tetap seperti itu ya, untuk lebih peka terhadap sesama....

    ReplyDelete
  20. iyah padahal dia cuma dari kecil sampai remaja ya, ga kayak aku yg dari kecil, pacaran, malam pertama sampe lahiran hehehe...
    jangan2 aku ga peka yah :(

    ReplyDelete
  21. aamiin.. uhuy, kaklist ikutan jugaaa ^^

    ReplyDelete
  22. iya ai.. Alhamdulillah lapie yg kemarin ngambek dah jalan lagi :)

    ReplyDelete
  23. aih....jadi sedih bacanya...hiks....

    ReplyDelete
  24. aih mak di tunggu hari minggu ya jadinya mau jam berapa ?
    belum tidur sih ? dah malem neh :)

    ReplyDelete
  25. Walau berpindah tempat rumah kenangan akan tetap terkenang ya ....:)

    ReplyDelete
  26. iyaaah.. Alhamdulillah di beri memori indah :) .. sebenarnya ada episode sedihnya.. tapi ketika pindah mendadak hilang.. hanya yang indah aja yg di kenang :)

    ReplyDelete
  27. Saya malah lebih suka tinggal di pemukiman yg tdk terlalu padat. Romantis :)

    ReplyDelete
  28. haha.. klo mau mendesah, bisa keras2 ya ? :)
    #berkedip dengan tatapan maklum

    ReplyDelete
  29. perasaan yang sama kak list..:) saya juga sampe lihat2 kamus lhooo..:))

    ReplyDelete
  30. oh mbak dian ikutan ya ? meluncur deh ke sana :)...
    #naik sepeda biar cepet.. hehe...

    ReplyDelete
  31. rumah barunya bagus....
    Ijo segar :-)

    ReplyDelete
  32. waduh klo "bekas" tetangga main menjenguk bokap pada betah ga mau pulang hihi.. sebelah kiri rumah adalah lembah, jadi angin semilir2 nya sedep banget deh :)

    ReplyDelete
  33. dimanapun lokasinya, kalau ada orangtua pasti sebagai anak akan mendatanginya
    kalau hanya naik ojek gampang, belum menyebrang lautan hehe
    semoga orang tua nya betah di rumah baru :)

    salam kenal

    ReplyDelete
  34. hihihi.. iyah... semoga aku termasuk golongan anak2 yg rajin nengokin ortunya :) dan Alhamdulillah beruntung dapet suami yg selalu mau menemani klo aku ajak ke sana :)

    eniwei kemarin bokap ku ulang tahun.. 72 tahun :) karena bokap lagi puasa zulhijah, jadi acara makan2nya setelah sholat magrib yang mejadi imam bokap, suami dan anakku di belakangnya dan aku serta ibuku paling belakang lagi...

    melihat sosok bokap yang begitu ringkih dari belakang, bagai langit dan bumi dengan suamiku yang tegap dan endut, kagak khusuk deh sholatnya hehe,, haruuu aja yg ada :)

    ups.. salam kenal juga, baru kenal udah curhat panjang neh hehehe.. jangan bosen berkunjung ya :)

    ReplyDelete
  35. terima kasih cinta :)
    #ulurin gembok

    ReplyDelete
  36. rumah keduanya kayak rumahku sekarang, pohon pisang melambai lambai...
    Salam kenal yaaaa

    ReplyDelete
  37. hai :) makasih juga udah mampir :)
    tadi udah di add ya mba, semoga berkenan acc :)

    ReplyDelete